Rahasia Kekristenan

Belajar kekristenan itu seperti belajar tentang mobil. Diajar segala hal tentang mobil, namun satu hal tidak dibahas: kunci dan stater.

Demikianlah menurut saya tentang kekristenan saat ini. Bahkan para pendeta dan profesor teologipun tidak tahu tentang “kunci dan stater” dalam kristen.

Setiap minggu masuk ke dalam “bus” tanpa kunci, duduk dan kemudian pulang. Tidak pernah tau bahwa bus itu dapat berjalan jika di stater dengan kunci yang telah ada.

Tahun 2005-2008, akhirnya saya temukan kunci-kunci dalam Alkitab. Rahasia yang telah ada sekian lama.

Setelah belajar Alkitab secara mendalam di STT bukannya meneruskan ajaran yang telah diajarkan oleh para pendeta, doktor, maupun profesor, saya justru merakit teologi saya sendiri.

Saya berpikir bahwa ini ajaran yang baru, golongan baru. saya berpikir apa kata Alkitab?

Pengkhotbah 1:9 (TB) Apa yang pernah ada akan ada lagi, dan apa yang pernah dibuat akan dibuat lagi; tak ada sesuatu yang baru di bawah matahari.

1 Korintus 1:12 (TB) Yang aku maksudkan ialah, bahwa kamu masing-masing berkata: Aku dari golongan Paulus. Atau aku dari golongan Apolos. Atau aku dari golongan Kefas. Atau aku dari golongan Kristus.

Sekarang saya mengerti bahwa ini ajaran yang hanya diberitakan dari guru ke murid dan akhirnya menjadi suatu golongan.

Ada banyak golongan sejak jaman rasul-rasul. Namun yang ada sekarang ini tidak pernah membahas tentang golongan – golongan itu dan pengajarannya.

Kadang saya sedih dengan keadaan orang kristen saat ini. Tidak mengetahui esensi dari kekristenan. sedang ajaran yang menurut saya benar harus disembunyikan karena tidak sesuai dengan ajaran golongan yang ada sekarang ini.

kekristenan menjadi ajaran yang aneh dan asing, tidak dipahami dan akhirnya banyak dari mereka yang kecewa bahkan meninggalkan Yesus.

Kini saya pastikan bahwa hanya orang yang tidak mengertilah yang akan meninggalkan  Yesus.

Ketika membahas Yesus dari “golongan” yang saat ini jumlahnya sangat kecil ini, maka orang itu akan mantap mengikut Kristus.

Khususnya bangsa asia akan mendapat pencerahan akan siapa Yesus dan mengerti serta dapat memahami tentang Yesus.

Selama ini bangsa asia kurang dapat menerima ajaran Yesus yang dibuat dan dibawa oleh golongan “barat.”

Setelah saya pelajari, kini saya setuju dengan ajaran ini dan sangat sesuai dengan bangsa “timur”.

Adat istiadat barat jika diterapkan oleh bangsa timur akan ada banyak ketidak sesuaian dalam banyak hal.

Adat istiadat timur jika dijelaskan dan diterapkan di timur maka dengan mudah bangsa timur akan menerimanya.

Mungkin suatu saat nanti jika Tuhan ijinkan maka ajaran rahasia “timur” Yesus ini akan dibukukan dan tersebar, banyak orang kristen akan tercerahkan dari sudut pandang yang baru.

dibuat oleh: vijaya handoko

Leave a Reply

