Ketemu Lagi: capres Prabowo dan Jokowi

Cuplikan putaran kedua. Misi dan visi capres 2014 antara Prabowo dan Jokowi

Prabowo memberikan  penjelasan bahwa ekonomi kerakyatan adalah ekonomi jalan tengah, ekonomi yang berdasar pada uud 45 pasal 33. Sumber-sumber ekonomi yang menguasai hajat hidup rakyat banyak harus dikuasai negara. Pemerintah harus turun tangan menjadi pelopor untuk membela rakyatnya, tidak membiarkan kemiskinan, tidak membiarkan yang lemah bersaing dengan yang kuat. Investasi asing tidak boleh mematikan rakyat, perlu mengalirkan dana yang lebih, masiv dan tidak tanggung-tanggung untuk memperkuat ekonomi rakyat. Ini sudah dirintis oleh pemerintah SBY dengan banyak program seperti kur, dana bergulir sebesar 5 triliun. Bayangkan jika dikali 4 maka akan menjadi 20 triliun. Intinya Ekonomi untuk rakyat.

Jokowi memberikan penjelasan bahwa pembangunan pasar tradisional, pembangunan ruang-ruang untuk pkl, sudah dijalani. Jokowi sudah pengalaman saat menjadi walikota dan gubernur. Pasar tradisional adalah tempat produk- produk petani, nelayan, tempe tahu menjual barang dagangannya di pasar. Bukan hanya akan, rencana, bukan hanya sebuah wacana diawang-awang, tetapi harus dibuktikan. Mereka di berikan manajemen yang baik, ruang, diberi tempat yang baik, pasar tidak boleh becek, bersih, tempat parkir, zoning, produk-produk petani akan memberikan nilai tambah yang baik karena bisa langsung menjual kepada konsumen. Pkl perlu diberikan ruang sebesar-besarnya untuk jualan. Membangun sistem anggaran agar efesien.

Perlu membangun sistem untuk membantu rakyat miskin dengan kartu indonesia pintar, bukan hanya menyiapkan anggaran saja. Juga ada kartu indonesia sehat sehingga bisa ke klinik, puskesmas, rumah sakit. Dukungan semacam inilah yang diperlukan rakyat, bukan hanya menganggarkan, sebab dapat lari kemana-mana. Jika membangun sistem maka dapat menjamin bahwa bantuan sampai kepada masyarakat. Investasi sangat penting untuk di dorong ke daerah-daerah, infrastruktur daerah perlu dibangun sehingga orang daerah tidak perlu ke kota. Mengenai upah, Jokowi sudah membuktikan saat menjadi gubernur Jakarta pertama yang menaikkan upah sebesar 44 % sebab sudah 5 tahun tidak mengalami kenaikan yang signifikan.

Prabowo mengandalkan pertama-tama pada pembangunan sektor pertanian sebab dapat menyerap tenaga kerja yang banyak dalam waktu yang singkat, dan dapat menghasilkan dalam waktu yang singkat pula seperti beras, padi dapat dihasilkan kurang dari 100 hari, jagung 120 hari, dan lainnya dapat menghasilkan uang . Ukurannya 1 hektar dapat menyerap 6 orang bekerja. Sekarang ada 77 juta hektar hutan yang sudah rusak, maka sebagian lahan itu dialih fungsikan sebagai lahan produksi sawah baru diperkirakan sebesar 2 juta hektar sawah baru, 2 juta hektar bio etanol. Maka 4 juta hektar kali 6 orang maka orang yang bekerja adalah 24 juta. Jika ini dilakukan maka orang miskin punya penghasilan yang cukup banyak sebab tanaman itu memiliki nilai jual yang bagus. Tenaga kerja menaikkan produktifitasnya dan upah akan dinaikkan.

Mengenai permasalahan penduduk, kira-kira 5 juta orang lahir setiap tahunnya. Untuk menekan pertumbuhan penduduk, maka tutup kebocoran, amankan kekayaan negara, dapat uang tunai, cash yang banyak, lalu diinvestasikan pada kesehatan dan pendidikan. Sehingga dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk kb. Investasi di puskesmas, posyandu, tambah jumlah dokter, perbaiki gaji dokter, perawat, bidan. Tidak boleh tanggung- tanggung.  Uangnya dari penghematan dan penutupan kebocoran yang ada sekitar 1000 triliun. Investasi dilahan dan sektor produktif , bangun pabrik, irigasi, waduk, jalan raya, kereta api ribuan kilometer. Ini semua akan menumbuhkan roda ekonomi, pertumbuhan akan sangat tinggi dan uang itu nantinya diinvestasikan di bidang pendidikan dan kesehatan.

Jokowi mengatakan bahwa 2 anak cukup. Kampanye perlu diperkuat melalui bkkbn. Membangun sistem manajemen yang baik dan mengontrol sistem. Percuma hanya menyediakan anggaran saja sebab anggaran dapat menguap kemana-mana. Tidak usah muluk-muluk, dibelikan peralatan yang riil yang dibutuhkan masyarakat. Dengan kartu indonesia sehat masyarakat dapat kontrol rutin ke rumah sakit dengan tidak dipungut biaya. Anggaran pemerintah sudah ada hanya sistemnya yang perlu dibangun.

Dalam sesi tanya jawab antar capres, Jokowi menanyakan mengenai ekonomi kreatif. Prabowo setuju dan sejalan dengan Jokowi walaupun tim penasehat prabowo memberikan nasehat untuk tidak pernah setuju kepada Jokowi, tetapi Prabowo kali ini setuju dan tidak mengikuti penasehatnya. Ide yang bagus akan dibilang bagus oleh Prabowo. Masa harus gak setuju jika idenya bagus? Anak dari Prabowo juga bergerak dibidang ekonomi kreatif sebagai desainer dan sudah muncul di mancanegara.

Prabowo menanyakan mengenai AFTA, perdagangan bebas di Asia tenggara di tahun 2015. Banyak sekali orang ASEAN akan datang dan bekerja di Indonesia. Bagaimana cara Jokowi menghadapi hal itu? Hal ini dijawab oleh Jokowi: “tidak ada masalah” hanya pemerintah harus memberikan dorongan agar menyerang lebih dahulu, masuk ke negara lain lebih dahulu. Pasar domestik jangan sekali-kali bisa dimasuki  oleh pasar dari pengusaha asing. Caranya banyak sekali, hal-hal yang berkaitan dengan perijinan perlu dipercepat untuk investor domestik dan dipersulit untuk investor asing. Semua negara melakukan itu. Hambatan yang tidak kelihatan. Hal ini berkaitan dengan nasionalisme. Dalam jangka panjang adalah dengan pembangunan manusia yang akan menjadi daya saing, produktifitas dan akan menentukan menang atau tidak menang dalam pertarungan di pasar.

Pemerintah indonesia perlu membuat regulasi-regulasi yang memberikan barrier atau penghalang agar mereka tidak secara gampang masuk ke wilayah indonesia. Contoh perbankkan. untuk mendirikan cabang perbankkan di negara lain sangat sulit sekali, tidak segampang di indonesia. Maka indonesia terbuka untuk asing namun secara tertutup perlu membangun regulasi dan peraturan untuk menghambat asing. Hal ini bertujuan utama untuk melindungi ekonomi rakyat indonesia, agar yang menguasai nantinya bukan pengusaha asing. Jangan memberikan kesempatan yang besar kepada pengusaha asing, sebab dimanapun akan investasi pasti ada penghalang, entah itu lewat regulasi bisnis, pemerintah, dan lain-lainnya.

Jokowi menanyakan kepada Prabowo mengenai 1 milliar untuk setiap desa. Prabowo akan memberikan kepada desa minimal 1 miliar, sebab perjuangannya sudah 7 tahun.

Pertanyaan kedua Prabowo adalah mengenai kontrak-kontrak dari perusahaan asing bersama indonesia yang agak merugikan indonesia. Apakah perlu dibiarkan atau mengambil tindakan tertentu? Jawaban dari Jokowi adalah perlunya menghormati kontrak yang perlu disepakati bersama sebab ini menyangkut kepercayaan. Yang dapat dilakukan adalah hitung kembali apakah perlu diambil kembali melalui bumn atau kerjasama. yang paling penting adalah dikalkulasi dan kekayaan alam digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Perlu dilihat apakah dalam kontrak dapat di renegosiasi ulang. yang paling penting adalah setiap kontrak kedepannya harus dilakukan secara detail, jangan sampai ada kerugian di pihak negara, seperti royalti, pembagian keuntungan, pajak minerba, dan lainnya.

Penyampaian penutup:

Prabowo berkali-kali mengatakan bahwa kekayaan indonesia tidak seharusnya mengalir ke negara lain, namun perlu digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat indonesia sendiri. Orang kecil bisa senyum. Ada uang untuk belanja makan di hari ini dan besok. Ekonomi untuk rakyat indonesia kuat, berdiri pada kaki sendiri, dihormati karena rakyatnya sejahtera.

Sedangkan Jokowi membangun sistem yang lebih baik, yakin bahwa kedepan akan terwujud ekonomi yang lebih baik. Bekerja sekuat tenaga untuk nusa bangsa dan rakyat indonesia. Joko widodo lahir, besar, dan didik, dan seutuhnya adalah Indonesia dan hanya tunduk kepada konstitusi, dan kehendak rakyat indonesia. Salam dua jari. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: