san xi shi nien

13 April 2014. Kebaktian San Xi Shi Nien atau chao du kali ini diadakan di Restaurant Zhang Palace lantai 3, Jalan Lontar 127 Surabaya. Para sukarelawan atau Yi Gong sudah berdatangan sejak pagi hari untuk melaksanakan tugas yang sudah diberikan.

 

Ada yang bertugas untuk mengurus peminjaman Hai Qing (jubah kebaktian yang dipakai peserta). Beberapa bertugas sebagai Yin Li (orang-orang yang bertugas mengingatkan Zhai zhu kapan waktunya berlutut dan berdiri). Beberapa lagi bertugas sebagai Fa Qi ((pemimpin dan pemain instrumen kebaktian). Ada juga yang bertugas untuk mengatur pembagian buku kebaktian. Beberapa orang bertugas menulis Kertas ulambana (baiwei) yang terdiri dari 2 warna kertas, yaitu kuning dan merah. Kertas kuning untuk nama yang sudah meninggal (biasanya keluarga/kerabat, kenalan yang sudah meninggal, arwah-arwah yang pernah disakiti baik sengaja/tidak sengaja), kertas merah untuk nama yang masih hidup. Ada juga yang bertugas untuk membagikan konsumsi, membagikan souvenir, dan masih banyak lagi.

 

Untuk dapat menghadiri acara ini diperlukan undangan yang telah disediakan di berbagai tempat, atau dapat langsung hadir dengan mendaftarkan diri dimeja yang telah disediakan. Acara dimulai dengan percikan air suci, dan dilanjutkan dengan ceramah. Kebaktian terdiri dari tiga sesi, dan diakhir acara dibagikan souvenir berupa kalung liontin dan nien fo ji.

San Xi Shi Nien berikutnya akan diadakan pada tanggal 17 Agustus 2014 di Restaurant Zhang Palace lantai 3, Jalan Lontar 127 Surabaya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: