Dewi Laksmi

       Dalam Hindu Dewi Laksmi merupakan lambang dari kecantikan, kebaikan, kemurahan hati, cinta, kemurnian, keindahan, kekayaan, kemakmuran, dan kejayaan. Berasal dari Bahasa Sansekerta, “Laksya” yang berarti “tujuan” atau “pencapaian.”

          Lakshmi digambarkan sebagai seorang wanita cantik dari kulit emas, dengan empat tangan, duduk atau berdiri di atas teratai mekar penuh dan memegang teratai kuncup, yang merupakan lambang untuk kecantikan, kemurnian. Tangan empatnya mewakili empat ujung kehidupan manusia: dharma atau kebajikan, “kama” atau keinginan, “artha” atau kekayaan, dan “moksha” atau pembebasan dari siklus kelahiran dan kematian.

       Air terjun kecil koin emas terlihat mengalir dari tangannya, menunjukkan bahwa mereka yang memuja kekayaan dan keberuntungan darinya. Dia digambarkan memakai baju merah bersulam emas. Merah melambangkan aktivitas dan lapisan emas menunjukkan kemakmuran.

      Dua ekor gajah sering terlihat berdiri di samping dewi dan menyemprotkan air. Hal ini menunjukkan bahwa upaya terus-menerus, sesuai dengan seseorang dharma dan diatur oleh kebijaksanaan dan kemurnian, menyebabkan material dan kemakmuran spiritual.

             Di Jepang Dewi Laksmi dikenal dengan nama Kichijoten, telah ada lebih sejak jaman Meiji. Sedangkan di Indonesia Dewi Laksmi sering dihubungkan dengan Dewi Sri yang berkaitan dengan berkat pada beras. Di Sunda dikenal dengan nama Nyai Pohaci Sanghyang Asri.

sumber:http://megamitensei.wikia.com/wiki/Lakshmi,

http://hinduism.about.com/od/hindugoddesses/p/lakshmi.htm,

http://en.wikipedia.org

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: