Generasi yang membawa berkat, Generasi yang membawa Solusi

Sidoarjo, 27 november 2012. Pembicara: Ev.iin Tjipto. Pengalaman pribadi: Melayani pemulung, anak jalanan, dan orang miskin. Membuat sekolah Mahanaim, untuk orang miskin dengan kualitas yang bagus, sebagai bahtera Nuh yang memberi solusi, dan menjadi berkat.

Ev. lin tjipto juga pernah membuat pasar di monas selama sehari, dan perlu ijin dari walikota, gubernur, dan presiden. Menurunkan tulisan dari atas monas: “Bangkitlah Indonesia.”. Keperluan dana yang masuk  sangat minim, padahal segala keperluan perlu uang muka. Melihat situasi itu, kadang sudah tidak punya iman, dilihat dari segi rasional, sudah tidak mungkin, rasanya seperti menyebrangi sungai Yordan. Hanya dapat menyanyi Hatiku percaya; kami perlukan keajaibanMu, memaksa diri untuk percaya. Inginnya langsung beres, namun seperti tidak terjadi apa-apa. Baru pada hari H, semuanya dapat berjalan tanpa uang muka, dan setelah untuk membayar, uang masih sisa. Jawaban dari Tuhan kadang kelihatannya tidak seperti  yang dipikirkan.

Penjelasan kitab Yosua 3:1-17.

Dipanggil menjadi imamat yang rajani. Dikhususkan bagi Tuhan. Dipakai sebagai perpanjangan dari tangan Tuhan. Orang Kristen punya tugas, punya tanggung jawab.

Minimal di kompleks perumahan yang ditinggali, menjadi pendoa dan penjaga yang dapat merasakan damai. Suami jangan kasar terhadap isteri agar berkatnya tidak terhambat, dan isteri hormati suami. Tuhan menggenapi janjiNya. Disaat bangsa Israel hendak menyebrangi sungai Yordan, tinggi air di tengah  sungai kurang lebih 2,5 meter. Perbuatan sulit dilakukan.

Disaat kesulitan, keinginan manusia sekali doa langsung dijawab Tuhan, namun kenyataannya setelah doa seperti tidak terjadi apa-apa. Para Imam dan bangsa Israel menyebrang dan berdiri di sana minimal 10 jam, air surut perlahan-lahan. Dengan demikian, ketika seseorang berdoa, jawaban sudah datang walaupun belum terlihat.

Suku Kanaan adalah suku yang rendah diri. Ketika seseorang berkata dapat, maka otaknya bekerja untuk memampukannya. Ketika seseorang mengatakan tidak bisa, otaknya ngeblok. Yakin bahwa ia bisa, dan otaknya akan aktif dan bekerja untuk apa yang ia percayai. Rendah diri merupakan penghalang keberhasilan dan perlu diperbaiki.

Orang Het suka menteror, membuat orang takut. Ketakutan seseorang juga merupakan penghalang, dan perlu diperbaiki. Seperti seorang sales perlu keberanian untuk dapat menawarkan dan menjual produknya.

Orang Hewi, orang yang malas. Suruh kerja malas. Perlu dirubah menjadi rajin kerja, mulai dari yang kecil.

orang Feris, orang terpencil, katak dalam tempurung, pikirannya sempit dan tidak mau belajar. Orang Kristen perlu terus belajar dan dapat belajar dari siapa saja, sehingga dapat maju dan berkembang. Seperti bangsa Korea sekarang ini dapat maju dan berkembang dalam bidang elektronik dan mobil.

Orang Girgasi lumpur, kotor. perlu dibersihkan

Orang Amori orang sombong, percaya pada diri sendiri, merendahkan orang lain. Perlu memperbaiki diri, agar ditinggikan oleh Tuhan.

Orang Yebus labil, hari ini dan besok dapat beda. Tidak dapat dipercaya. Perlu teguh dalam pendirian.

Biarpun tahun depan banyak kesulitan, seperti kelangkaan BBM, kenaikan harga, Tuhan  dapat membuat kelimpahan, mujizat, penuaian bagi orang percaya. Perlu keluar dari pemikiran yang sempit, sehingga dapat menangkap waktu Tuhan dan kesempatan.

Generasi Nuh (kejadian 5:29) Generasi yang membawa berkat, Generasi yang membawa Solusi, generasi yang menghiburkan, generasi yang melihat keajaiban. Nuh bergaul dengan Tuhan, ketika orang percaya bergaul dengan Tuhan, maka segala kelemahan akan diperbaiki oleh Tuhan.

Orang percaya  perlu membuat bahtera yang dapat menyelamatkan, memberi solusi, membawa berkat, dan penghiburan bagi orang yang memerlukannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: